get app
inews
Aa Read Next : 9 Jalan Masuk Kota Mekah Yang Tidak Bisa Dimasuki Dajjal

Peristiwa Haji Akbar Terjadi pada Puncak Haji Tahun ini, Berikut Keistemewaanya

Rabu, 06 Juli 2022 | 14:05 WIB
header img
Peristiwa Haji Akbar Terjadi pada Puncak Haji Tahun ini, Berikut Keistemewaanya (Foto: iNews.id/Reuters).

Dia menjelaskan, ketika wukuf di Arafah berdasarkan Alquran Surat Al Hajj Ayat 26 agar menjauhkan dari sifat syirik.

"Memang sudah mengingatkan sebagai kunci tidak boleh ada yang syirik, tidak boleh ada yang menyekutukan Allah. Dikuatkan pada ayat berikutnya itu harus terpusat, benar-benar karena Allah," paparnya.

Sementara saat wukuf bertepatan di hari Jumat, lanjut Aswadi, tidak ada Sholat Jumat. "Tidak ada karena waktunya sama, wukuf waktunya bakda zawal dan Jumat bakda zawal, sehingga khutbah wukufnya menjadi prioritas dan nanti akan diteruskan dengan sholat jamak qasar Zuhur dan Ashar," ujarnya.

Ia juga pernah menjelaskan, haji akbar bisa meningkatkan semangat untuk beribadah bagi seluruh jamaah haji di seluruh dunia, khususnya jamaah haji Indonesia.

"Karena Nabi dulu itu haji wada dan haji akbar hanya sekali," kata Aswadi.

Keistimewaan haji akbar karena terjadi di hari Jumat. Menurut Aswadi, hari Jumat merupakan sayyidul ayyam atau rajanya hari.

Sebelumnya, Wakil Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Nasrullah Jasam mengatakan wukuf di Arafah pada hari Jumat banyak yang menyebut sebagai haji akbar.

"Menjadi istimewa karena hari Jumat itu sebagai sayyidul ayyam atau pemimpin hari-hari lainnya. Di situ banyak berkumpul kebaikan," ujarnya.

Dia menambahkan, puncak ibadah haji atau wukuf di Arafah pada hari Jumat memang banyak dinantikan umat Islam yang berhaji.

"Menjadi istimewa karena hari Jumat itu sebagai sayyidul ayyam atau pemimpin hari-hari lainnya. Sehingga di situ banyak berkumpul kebaikan," terangnya.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut