get app
inews
Aa Read Next : Kisah Proklamasi Kemerdekaan di Tugu Pensil Cirebon 15 Agustus 1945

Inilah 6 Fakta dalam Sejarah Kemerdekaan RI

Rabu, 17 Agustus 2022 | 06:01 WIB
header img
Foto: Kemendikbud

JAKARTA, iNews.id – Hari ini, 17 Agustus Indonesia memeringati perayaan ke-77 Kemerdekaan RI setelaah ratusan tahun dijajah oleh berbagai bangsa.

Kemerdekaan Indonesia merupakan bagian dari perjalanan panjang bagi Tanah Air kita. Perjalanan tersebut tentunya tidak mudah dilalui, berbagai peristiwa menyertai proses proklamasi kemerdekaan RI.

Sepatutnya sebagai masyarakat Indonesia mengetahui sejarah perjuangan bangsa dalam mencapai kemerdekaan. Bagaimana Berikut fajta-fakta yang yang menyertai Kemerdekaan RI:

1.Kekalahan Jepang
Kalahnya Jepang dari sekutu menjadi momentum dimulainya kemerdekaan Indonesia. Jepang menyerah setelah pengeboman yang dilakukan oleh Amerika Serikat di dua kota, yaitu Nagasaki dan Hiroshima. Pengeboman ini terjadi pada tanggal 6 dan 9 Agustus 1945. Peristiwa ini menyebabkan melemahnya Jepang. Akhirnya, pada tanggal 14 Agustus 1945, Jepang menyerah kepada sekutu tanpa syarat.

2.Kaum Muda Bicara Kemerdekaan
Kaum muda mengetahui informasi kekalahan Jepang melalui siaran radio BBC (Inggris). Meeka segera membicarakan kemerdekaan Indonesia tanpa waktu lama dengan golongan tua.

Editor : Muhammad Burhan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut