Geser Jeff Bezos, Gautam Adani Orang Asia Pertama yang Jadi Orang Terkaya No 2 di Dunia

Fatimatus Zahro
.
Sabtu, 17 September 2022 | 10:43 WIB
Gautam adani, Taipan asal India menggeser posisi Jeff Bezos sebagai orang terkaya no2 di dunia setelah kekayaannya melesat cepat 10 bulan terakhir. Foto: Forbes

NEW YORK, iNewsPantura.id - Taipan asal India Gautam Adani menjadi Orang Asia pertama yang menggeser Jeff Bezos dari posisi orang terkaya kedua di dunia setelah kekayaannya melesat cepat dalam 10 bulan terakhir berdasarkan peringkat Indeks Miliarder Bloomberg.

Sementara Elon Musk masih menjadi orang terkaya pertama di dunia. Mengutip CNN Business, ini adalah pertama kalinya seseorang dari Asia mendapat peringkat sangat tinggi dalam daftar Bloomberg. Daftar tersebut telah lama didominasi oleh pengusaha teknologi berkulit putih. Kekayaan Adani pada Jumat (16/9/2022) tercatat senilai 146,9 miliar dolar AS atau setara Rp2.203,38 triliun. Sebagian besar kekayaannya terkait dengan kepemilikan konglomerasi Adani Group yang luas.

Grup ini mengoperasikan berbagai bisnis termasuk pelabuhan dan batu bara yang berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Saham beberapa perusahaan Adani telah melonjak lebih dari 1.000 persen sejak Juni 2020.

Ini mencerminkan optimisme investor tentang kekuatannya di bidang-bidang seperti infrastruktur dan energi terbarukan yang diprioritaskan Perdana Menteri Narendra Modi untuk pembangunan. Saham Adani Enterprises andalannya melesat lebih dari 115 persen pada tahun ini.

Pada Februari lalu, Adani menyalip sesama konglomerat India Mukesh Ambani untuk menjadi orang terkaya di Asia. Ambani saat ini berada di peringkat 10 orang terkaya dunia, dengan kekayaan 88,7 miliar dolar AS. Sementara itu, dibanding dengan Musk, kekayaan Adani masih tertinggal jauh.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini