get app
inews
Aa Read Next : Kisah Abu Bakar Al-Syibli, Seorang Pecinta adalah Seperti Pemabuk

Kisah Syarifah Nafisah Sang Sufi Perempuan

Jum'at, 23 September 2022 | 13:34 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: MNC)

Semasa kehidupannya di Mesir, terli­hat, orang-orang di sana sangat menghor­mati dan mengaguminya. Diceritakan, ke­tika Imam Syafi`i pergi ke Mesir, beliau men­dengar Syarifah Nafisah menuturkan ha­dis-hadis Nabi, dan selanjutnya meriwa­yatkan hadis dari Syarifah Nafisah itu. Ketika Imam Syafi’i wafat, Syarifah Nafisah melakukan salat Jenazah di hadapan je­nazah sang imam. Kemudian ia mendirikan tempat tinggalnya tidak jauh dari makam Imam Syafi’i, dan sampai meninggalnya beliau tetap di sana, demikian dikutip Dr. Javad Nurbakhsh dari ThabagatAl Awliya, karya Sya’rani.

Sebelum wafat, Syarifah Nafisah me­nyuruh orang menggali kubur untuknya, dan membacakan di atasnya Al-Quran sebanyak enam ribu kali tamat. Dan, ketika dia meninggal dunia, seluruh Mesir diliputi suasana berkabung yang sangat menda­lam: ratap dan tangis serta doa terdengar dari setiap rumah. Jenazah Syarifah Nafi­sah dikuburkan di rumahnya di Darb Sa­mah, dekat Kairo, Mesir.

Makam Syarifah Nafisah termasyhur, karena orang-orang yang menziarahinya dan bertabaruk kepadanya merasakan doanya terkabul. Diceritakan, pernah sua­minya, Sayid Ishaq, menginginkan agar je­nazah istri tercintanya dibawa ke Medinah untuk dikuburkan di sana. Namun orang­orang Mesir memohon agar jenazah zahi­dah itu tidak dipindahkan. Sayid Ishaq akhirnya mengalah. Masyarakat Mesir, ru­panya, menginginkan agar mereka bisa se­nantiasa berdekatan dengan beliau, yang memiliki maqam keberkatan dan karamah tinggi.

Disebutkan dalam Jami’Karamat Al-Aw­liya, karya Syekh Nabahani, sang suami sendiri ternyata sempat Bermimpi ditemui Nabi Muhammad SAW, yang mengatakan kepadanya, “Wahai Ishaq, janganlah eng­kau berdebat dengan orang-orang Mesir karena Nafisah. Sebab, melalui makamnya, rahmat Allah akan tercurah kepada me­reka

Wallahu a'lam bishawab

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut