get app
inews
Aa Read Next : Yuk Pantengin! Wirid Khusus untuk Para Jomblo

4 Manfaat Menikah Dengan Sahabat Nomor 4 Hubungan Makin Romantis

Jum'at, 30 September 2022 | 09:57 WIB
header img
4 Manfaat Menikah Dengan Sahabat Nomor 4 Hubungan Makin Romantis Ilustrasi (Foto: Freepic)

Jakarta,InewsPantura.id- Manfaat menikah dengan sahabat maka kebahagiaan yang didatapatkan bisa berlipat ganda, memilih sahabat menjadi pasangan hidup juga berpotensi membuat pernikahan menjadi lebih langgeng dan hubungan makin romantis.

Manfaat memilih sahabat jadi pasangan hidup tidak hanya itu. Ada pula manfaat-manfaat psikologis lain yang bisa dirasakan. Berikut dilansir dari KlikDokter.

1. Mengurangi Stres

Menurut studi dalam Journal of Epidemiology & Community Health, rasa saling percaya dalam sebuah hubungan, termasuk pernikahan, bermanfaat meningkatkan kualitas hidup seseorang. Salah satu manfaat positif dari peningkatan kualitas hidup tersebut adalah mengurangi risiko depresi.

Menurut Shawn Grover, ketika memasuki usia tua, manusia lebih berisiko mengalami stres. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beragam faktor, termasuk rasa kesepian. Nah, kesepian itu sendiri terjadi karena satu per satu keluarga maupun teman dekat meninggal dunia.

Menurut Ikhsan Bella, manfaat menumbuhkan persahabatan dalam pernikahan bisa membantu mengurangi kesepian yang dirasakan pasangan. Alhasil, stres dan depresi di usia senja dapat dikurangi.menjalani kehidupan pernikahan sehari-hari.


2. Pernikahan Berpotensi Lebih Langgeng

Manfaat menikah dengan sahabat juga dapat membuat rumah tangga lebih langgeng. Menurut pakar hubungan sekaligus profesor di University of Washington, John Gottman, hal itu karena persahabatan merupakan pondasi pernikahan yang bahagia, sehat, dan sejahtera.

“Penelitian telah menunjukkan bahwa persahabatan dapat meningkatkan kepuasan fisik dan emosional secara menyeluruh dalam pernikahan,” paparnya.

Menikah dengan sahabat bisa memberikan banyak manfaat bagi Anda dan pasangan. Namun, perlu diingat, hubungan persahabatan dalam pernikahan harus terus dipupuk dan dilestarikan.

Karena itu, bina persahabatan dengan pasangan Anda dengan banyak menghabiskan waktu bersama, saling berkata jujur dan terbuka, serta setia dalam suka maupun duka. Anda dan pasangan juga perlu menemukan minat, tujuan dan prioritas bersama yang bikin hubungan makin awet


3. Komunikasi Lebih Terbuka

Menurut riset University of Washington, Amerika Serikat, hubungan persahabatan 5 kali lebih penting daripada hubungan seksual sebagai pondasi untuk mempertahankan rumah tangga yang sehat.

Hubungan persahabatan dapat membantu pasangan suami-istri (pasutri) untuk saling terbuka satu sama lain. Pasutri jadi merasa lebih aman untuk saling jujur, tanpa khawatir dihakimi sepihak Komunikasi yang jujur dan terbuka merupakan kunci mengarungi pasang-surut bahtera rumah tangga.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut