get app
inews
Aa Read Next : DLH Tumbuhkan Peduli Lingkungan Anak Dengan Program Sirami

Tekan Angka Pengangguran, BLK Komunitas di Pekalongan Gencarkan Pelatihan Barista

Senin, 14 November 2022 | 17:31 WIB
header img
Tekan Angka Pengangguran, BLK Komunitas di Pekalongan Gencarkan Pelatihan Barista (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsPantura.id - Tekan angka pengangguran Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) Yayasan Pondok Pesantren (YPP) Nurul Anwar Desa Kayugeritan Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan menggelar kembali pelatihan barista angkatan 2. 

Diketahui jumlah pengangguran di Indonesia khususnya di Pekalongan meningkat akibat pandemi Covid-19. Tercatat tingkat pengangguran RI naik menjadi 6,2%.

Untuk mengurangi angka pengangguran tersebut, BLKK YPP Nurul Anwar memberikan pelatihan barista kepada masyarakat.

 

Kegiatan pelatihan diikuti oleh puluhan pemuda, pemudi maupun siswa SMK. Dalam pelatihan ini, Kepala BLKK YPP Nurul Anwar, KH. Nasuka, M.Ag melihat kopi di daerah Pekalongan khususnya memiliki kualitas yang baik dan sangat potensial untuk lebih dikembangkan secara luas.

 

"Di Pekalongan ini kopi sangat luar biasa potensinya, variasinya pun sangat banyak. Jadi kita berikan pelatihan barista agar kopi Pekalongan ini bisa naik kelas," kata KH Nasuka, M. Ag Senin (14/11/2022).

 

Kepala BLKK juga optimis pelatihan barista di Pekalongan bisa membuka lapangan kerja di masyarakat. Ditambah dengan antusias dari kalangan anak muda.

 

" Pelatihan barista menjadi salah satu solusi saat ini untuk menciptakan lapangan kerja didukung dengan antusias generasi muda," ujar KH. Nasuka, M.Ag.


Antuasisa peserta pelatihan barista Angakatan 2 BLKK YPP Nurul Nawar Pekalongan (Foto: Ist)

 

Berdasarkan salah satu staff BLKK, Nanang Sulaeman, S.E., M.AP Pelatihan Barista ini diadakan selama 23 hari bertujuan  bekerjasama dengan BBVP Semarang dan PT Lumbung Kopi Nusantra untuk memberikan bekal ketrampilan  teknis  bagi para peserta pelatihan tentang  bagaimana  memilih kopi yang baik , Teknik menentukan takaran  Kopi sesuai dengan  permintaan , Teknik Penyeduhan Kopi  dan juga teknik  beberapa model penyajian kopi seperti Vietnam drip, exxpresso , V 60 dan juga  Latte Art.

 

Instruktur pelatihan Barista ini berasal dari praktisi barista yang telah lama  berkecimpung di Dunia Perkopian. Dengan lebih menekankan pada  aspek  praktek  sehingga  peserta  bisa langsung  mempraktekan langsung  beberapa teknik penyajian  kopi  yang telah diberikan  oleh Instruktur dengan alat dan kopi yang telah disediakan oleh BLKK.

 

Para peserta pelatihan  merasa bahwa  pelatihan barista ini sangat bermanfaat bagi mereka, guna berwirausaha maupun bekal bekerja mengingat trend saat ini menjamurnya berbagai kedai kopi di Pekalongan.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut