get app
inews
Aa Read Next : IPSI Kota Pekalongan Gelar Raker

Unikal Kerja Sama dengan DPMPTSP Kota Pekalongan Dampingi UMKM dalam Cari Perizinan

Jum'at, 27 Oktober 2023 | 11:42 WIB
header img
Rektor Unikal, Andi Kushermanto dan SIska Purnamasari sebagai narasumber dari DPMPTSP (tengah) berserta pelaku UMKM foto bersama sebelum proses pendampingan.

PEKALONGAN, iNewsPantura.id - Universitas Pekalongan bekerjasama dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekalongan mengadakan pendampingan terhadap industri  kecil dalam mencari izin industri rumah tangga produk olahan pangan, di Ruang Adaro, Gedung F.

Kegiatan pendampingan yang dibuka Rektor Unikal, Andi Kushermanto, SE, MM, itu dilakukan dalam rangkaian dies natalis Unikal pada tahun ini. Ikut hadir dalam pembukaan kegiatan itu beberapa wakil rektor, sedangkan sebagai narasumber menghadirkan Siska Purnamasari, Pengelola Sistem Informasi Manajemen (SIM) DPMPTSP setempat.

Dalam pembukaannya, Rektor mengatakan, pendampingan industri binaan Unikal, ini terkait dengan olahan pangan industri rumah tangga. Perizinannya masih sederhana, tetapi ini merupakan proses pembelajaran sehingga mereka memahami masalah perizinan. Dimulai dari perizinan sederhana hingga ke depan masalah perizinan lain yang levelnya lebih tinggi.

’’Kegiatan ini dilakukan dengan harapan Unikal memiliki nilai/manfaat bagi masyarakat. Pendampingan ini dilakukan karena melihat kontribusi UMKM yang begitu besar terhadap negara. Ada lebih dari 65 juta UMKM di Indonesia dengan menyerap 123 ribu tenaga kerja. Hanya saja, dalam perjalanannya, mereka tidak bisa bersaing dengan produk lain karena masalah perizinan."

Padahal, kata dia, produknya mungkin lebih baik dan kualitasnya lebih baik serta muatan lokalnya lebih tinggi. ’’Ini tantangan umum dan tantangan bersama bagi kita termasuk Kota Pekalongan. Padahal, untuk pengurusan izin tidak sulit dan prosesnya cepat. Maka Unikal dalam pendampingan ini, juga berusaha untuk memahamkan UMKM agar segera mencari perizinan,’’ katanya.

Editor : Trias Purwadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut