get app
inews
Aa Read Next : Negara yang dilarang FIFA tampil di Piala Dunia, Apa Saja Alasannya?

5 Negara Terbaik untuk Habiskan Masa Pensiun, Berikut Sederet Keunggulannya

Sabtu, 09 April 2022 | 05:10 WIB
header img
Kebudayaan Khas Negara Meksiko (foto: Okezone)

Jika anda termasuk orang yang punya rencana pensiun dengan berwisata ke beberapa negara di dunia, ada beberapa negara yang disebut-sebut cocok untuk menghabiskan masa pensiun, karena tidak hanya memiliki sejumlah daya tarik wisata, namun juga menawarkan lingkungan yang aman dan nyaman untuk tinggal dengan biaya hidup yang terbilang murah.

Berikut ini 5 negara yang cocok untuk menghabiskan masa pensiun Anda; 

1. Meksiko

Biaya hidup Meksiko yang rendah dan lokasi yang berdekatan dengan dua negara besar yakni Amerika Serikat dan Kanada membuat banyak pensiunan memilih Negeri Sombrero sebagai tempat tinggal sementara atau bahkan menetap.

Selain itu sebagai tujuan wisata, Meksiko tentu tidak asing bagi para traveler dengan berbagai spot wisatanya mulai dari alam, budaya hingga kulinernya.

2. Spanyol

Negara tetangga Portugal ini juga punya karakteristik serupa yakni cuaca hangat, budaya yang ramah, dan berbagai lingkungan dari kota pantai hingga kota yang canggih, menjadikan Spanyol sebuah tempat yang diinginkan untuk pensiun.

Selain itu, sistem perawatan kesehatan negara yang dinilai berkualitas namun harga nya tidak terlalu mahal menjadi salah satu keunggulan Spanyol. Sebagian besar ekspatriat pun tak ragu memilih perawatan kesehatan swasta yang ditanggung oleh asuransi.

Beberapa jenis visa tersedia, tetapi untuk pensiunan dari luar negara Uni Eropa, visa tinggal umumnya digunakan. Izin pertama adalah untuk satu tahun, dengan perpanjangan hingga lima tahun, di mana saat itu pensiunan dapat mengajukan permohonan visa tinggal.

3. Ekuador

Terletak di barat laut Amerika Selatan, Ekuador adalah pintu gerbang menuju Kepulauan Galápagos, sebuah wilayah yang disebut-sebut sebagai salah satu surga di Bumi selain Bali.

Biaya hidup yang rendah tentu menjadi daya tarik lainnya untuk menjelajahi atau bahkan menetap disini, terutama mereka yang menyukai petualangan dan mencintai panorama alam.

Sebagai informasi, para pensiunan asing dapat tinggal hanya dengan bermodalkan asuransi dengan biaya kurang dari $100 atau Rp1,4 juta saja per bulan nya untuk pertanggungan penuh atau mereka dapat memberikan bukti asuransi kesehatan swasta.

4. Republik Dominika

Untuk pensiun di Negara beriklim tropis, Republik Dominika adalah salah satu negara paling murah untuk pensiunan. Di Santo Domingo yang merupakan Ibukota negara tersebut, biaya sewa tempat tinggal dan biaya hidup terbilang sangat murah bahkan bila dibandingkan dengan Jakarta!.

Tertarik pensiun disini? Republik Dominika menawarkan visa pensiun atau "pensionado" dengan bukti pendapatan bulanan minimal $1.500 atau sekitar Rp21 juta, lalu pemeriksaan latar belakang dan akta kelahiran. Pensiunan dapat memasuki negara itu dengan visa turis dan kemudian mengajukan permohonan visa pensiun yang memakan waktu beberapa bulan.

5. Portugal

Negara yang menjadi tanah kelahiran pesepak bola Cristiano Ronaldo ini telah menjadi salah satu tujuan pensiun paling populer dalam beberapa tahun terakhir bagi orang Eropa dan negara lain dari seluruh dunia. Cuaca yang sejuk, pemandangan yang indah, dan warga yang ramah adalah beberapa alasannya.

Perumahan dan biaya hidup secara umum masuk akal tergantung kota nya. Sebagai perbandingan, 2 kota terbesar di sana yakni Lisbon dan Porto memiliki biaya hidup sekitar 50% lebih rendah dari New York City jika mengacu kepada penggunaan mata uang Dollar Amerika.

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut