get app
inews
Aa Read Next : 13 Negara Ini Larang Penggunaan Aplikasi TikTok

5 Negara yang Mampu Sediakan Pendidikan Gratis dari SD hingga Kuliah

Minggu, 08 Mei 2022 | 14:33 WIB
header img
Ilustrasi

Di beberapa negara dunia pemerintahnya menyediakan biaya pendidikan secara gratis untuk masyarakat agar bisa bersekolah mulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga Pasca-Sarjana.

Negara bisa dikatakan maju jika serius membangun pendidikan bangsa dengan memperhatikan pendidikan warganya hingga membiayai pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. 

Dikutip dari Okezone berikut ini negara yang memiliki sistem pendidikan gratis bagi warganya:

1. Jerman

Meskipun terkenal dengan penerapan tarif pajak yang sangat tinggi terhadap penduduknya, nyatanya pajak tersebut dikembalikan pada warga dalam bentuk fasilitas yang juga berkualitas tinggi. Di Jerman, seseorang harus menyerahkan sebanyak 49,8 persen dari total penghasilan mereka. Akan tetapi, dengan membayar pajak, warga Jerman sudah bisa mendapat layanan kesehatan dan fasilitas pendidikan yang gratis.

2. Prancis

Mahasiswa internasional dapat belajar di Prancis secara gratis, terlepas dari kebangsaan mereka. Beberapa kampus memang mengenakan tarif, tapi terbilang cukup murah, yakni hanya Rp3,2 juta per tahun di tingkat Sarjana. Biasanya ada tambahan biaya khusus untuk program kedokteran dan teknik.

Sayangnya, mayoritas program yang menawarkan kesempatan belajar secara gratis di ajarkan dalam bahasa Perancis. Sehingga, hanya orang-orang yang mumpuni dalam bahasa tersebut yang bisa menempuh pendidikan di sini.

3. Finlandia

Negara Eropa bagian utara ini tidak mengenakan biaya pendidikan dan menawarkan sejumlah program di universitas dalam bahasa Inggris. Namun, khusus mahasiswa internasional, pihak pemerintah hanya menanggung biaya pendidikan tanpa biaya hidup sehari-hari. Ya, mereka harus mandiri untuk menanggung biaya hidupnya selama di Finlandia.

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut