get app
inews
Aa Read Next : Duh! Jalan Tajur Bogor Alami Macet Total Malam Ini

Amalan Malam Hari Raya Idul Fitri

Senin, 02 Mei 2022 | 00:28 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: Antara).

Bagaimana cara menghidupkan/ menegakkan dua hari raya itu? Telah disebutkan oleh Syaikh Abdul Hamid Al Qudsi, dengan mengamalkan beberapa amalan :

1. Syaikh Al Hafni berkata : Ukuran minimal menghidupkan malam bisa dengan Sholat Isya" berjamaah dan meniatkan diri untuk sholat Subuh pada besoknya atau memperbanyak sholat sunah dan bacaan-bacaan dzikir.

2. Syaikh Al Wanna'i dalam risalahnya : Barang siapa membaca istighfar seratus kali (100x) Setelah sholat subuh di pagi hari raya, maka akan dihapus dosa-dosanya didalam buku catatannya dan pada hari kiamat akan aman dari siksa.

3. Masih dari Syaikh Al Wanna'i Barang siapa membaca :

سبحان الله وبحمده

Subhanallah Wabihamdihi 100x
Pada hari raya dan menghadiahkan pahalanya untuk ahli kubur maka para ahli kubur berkata : "Wahai Dzat Yang Maha Pengasih, Rahmatilah ia dan jadikanlah ia ahli surga.

4. Syaikh Al Fasyni berkata dalam Ruhfatul Ikhwan : dari sahabat Annas, dari Rasulullah SAW dawuh (yang artinya) : Hiasilah dua hari raya dengan Tahlil, Taqdis, Tahmid dan Takbir. Dan Nabi juga Dawuh : Barang siapa yang membaca : 

سبحان الله وبحمده

Subhanallah Wabihamdihi 300x

Dan ia menghadiahkan untuk muslimin yang sudah wafat, Maka seribu cahaya akan masuk di setiap kuburan dan Allah akan memasukkan seribu cahaya ke kuburannya jika ia meninggal.

5. Syaikh Az-Zuhri berkata : Sahabat Anas R.a berkata, Nabi SAW dawuh (yang artinya) Barang siapa di dua hari raya mengucapkan ;

لا إله إلا الله وحده لا شريك له، له الملك وله الحمد يحي ويميت وهو حي لا يموت بيده الخير وهو على كل شي قدير

Sebanyak 400x Sebelum sholat 'ied, Maka Allah SWT akan menikahkannya dengan 400 bidadari, seakan memerdekakan 400 budak dan Allah SWT mewakilkan para malaikat untuk membangun kota-kota dan menanam pohon-pohon untuknya di hari kiamat.

Beliau Syaikh Az-Zuhri berkata : "Aku tidak pernah meninggalkannya semenjak aku mendengarnya dari Sahabat Anas R.a dan Anas R.a dahulu juga berkata : "Aku tidak pernah meninggalkannya semenjak aku mendengarnya dari Nabi SAW.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut