get app
inews
Aa Read Next : Pilkada 2024, KPU Kota Pekalongan Tetapkan 232.247 Pemilih sementara

Viral! Video Aksi Buang Sampah di Pinggir Jalan Tuai Kecaman Netizen

Kamis, 12 Mei 2022 | 14:38 WIB
header img
Tangkapan layar: video viral warga buang sampah di pinggir jalan di kawasan Banyurip (sumber: @pekalonganinfo)

PEKALONGAN, iNews – Perilaku masyarakat dalam memperlakukan sampah tampaknya masih menjadi PR besar bagi Kota Pekalongan. Kebiasaan membuang sampah tanpa memedulikan dampak lingkungan seolah-olah menjadi wajar.

Hal ini tampak melalui unggahan video di media sosial yang mendadak viral. Dalam tayangan tersebut tampak sejumlah emak-emak, remaja, hingga bapak-bapak menenteng bungkusan plastik sampah. Lalu, tanpa peduli kanan-kiri, secara bergantian mereka membuang sampah itu di pinggir jalan.

Beberapa pelaku pembuang sampah bahkan merasa biasa-biasa saja ketika kamera diarahkan ke wajah mereka. Seolah-olah apa yang mereka lakukan bukan sesuatu yang keliru. Mereka tak peduli lagi jika di tempat mereka membuah sampah sudah menggunung. Mereka juga tak merasa bahwa akibat dari perbuatan mereka yang sebenarnya sangat merugikan masyarakat.

Disebutkan dalam video itu lokasi kejadian yang berada di tepi jalan di kawasan Banyurip, Kecamatan Pekalongan Selatan. Parahnya lagi, di sekitar tempat kejadian sebenarnya sudah tersedia tempat pembuangan sampah sementara yang difasilitasi oleh Pemerintah Kota Pekalongan.

Kontan, video unggahan akun instagram @pekalonganinfo itu menuai beragam komentar. Seperti salah akun @muniv yang langsung bercelatuk Ajibbbbbbb. Sementara, akun @annma_18 melayangkan komentar “Lanjutkan pak, pasti kalo viral ditangani sama pemerintah setempat”.

Dengan kalimat sarkas, @faiz_biancocelesti melontarkan kejengkelannya atas tindakan tersebut dan melayangkan komentar “Ditulisi sg gedi mas. "SAMPAHMU R****U..!!" Lanjutkan mas soting teros sak cenger²e”. Sementara @angga_tryanggoro tampak memberi saran dalam komentarnya, “Kudune Pemerintah desa menyediakan Lahan Untuk TPS (Tempat Pembuangan Sementara), Tingkat RT/RW Mengelola Sampah dari Rumah Tangga, misal ada petugas kebersihan khusus yang mengambil sampah tsb untuk dibuang ke TPS, iuran puo 10-20ewu nggo petugas kebersihan tingkat RT/RW.”

Menyusul pula komentar dari @isnain218 “Mugani Apan liwat mambune badek nglindes Pampers mnh tkn umh mambu badek e meluu s**g”. Sedang akun @resthielaa dengan kalimat satirenya menyindir pembuang sampah yang tergolong masih muda usianya, “Mbak2 inframe be lyke “wih nyong d shooting mlebu pekalongan info ik””.

@haryanti_sae turut pula mengomentari, "Yang buang sampah disitu difoto saja terus fotonya pasang yang gede deket sampah situ biar ada bukti kasih kata2 apa kek intinya orang2 tersebut biar malu dan gak buang sampah lagi".

Dan masih banyak komentar bernada kejengkelan yang ditujukan netizen kepada para pelaku pembuang sampah di pinggir jalan. Padahal, Pemerintah Kota Pekalongan sudah menyediakan tempat pembuangan sampah sementara di lokasi yang berdekatan dengan lingkungan mereka. Hmm... Yuk, jangan buang sampah sembarang lagi!

Editor : Ribut Achwandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut