get app
inews
Aa Read Next : Diprediksi, Banjir Rob Masih akan Terjadi Hingga Akhir Juni

Postingan Warganet tentang Kondisi Banjir Rob di Kota Pekalongan

Sabtu, 14 Mei 2022 | 16:39 WIB
header img
Salah satu foto yang mengekspresikan keresahan warga terdampak banjir rob di kawasan Pekalongan Utara. Foto tersebut diunggah di media sosial (facebook) oleh akun Om Drunz (9/5/2022).

PEKALONGAN, iNews.id – Sejak beberapa hari terakhir, kerap muncul postingan di media sosial yang menampilkan beragam ekspresi netizen atas masalah banjir rob yang menimpa warga di kawasan pesisir utara Kota Pekalongan. Postingan tersebut menuai banyak respons dari warga Kota Pekalongan dengan beragam komentar. Salah satu postingan diunggah oleh akun facebook Om Drunz. Postingan tertanggal 6 Mei 2022 itu menayangkan video kondisi banjir rob yang menggenang jalan W.R. Soepratman yang merupakan salah satu akses menuju kawasan Taman Wisata Laut Pasir Kencana.


Tangkapan layar (facebook)

m Drunz yang juga merupakan warga Kelurahan Panjang Wetan itu memberi catatan pada video unggahannya, “Kondisi Terkini Jalan Provinsi, W.R. Soepratman. Bapak Ganjar Pranowo, kapan main lagi ke Pekalongan Distrik Utara?”

Postingan tersebut menuai komentar yang beragam. Umumnya, komentar yang disematkan pada kolom komentar bernada satire. Seperti komentar akun Ariful Hakim, “Mantaaapp Om Druns...Coba Minta Benih Lele Dan Ikan Lain nya Aja..Mungkin Malah Segera Dikasih.. ..Daripada Minta Diperbaiki..Lama Turun ya Dana....Hehehe Maaf Om Druns.”

Diinformasikan pula oleh pemilik akun, genangan banjir rob itu sudah terjadi sejak 8 hari sebelum ia memosting video tersebut. Biasanya, air akan naik mulai pukul 12 siang dan baru surut selepas waktu Isya.


Tangkapan layar facebook

Tak cukup itu, Om Drunz juga kembali mengunggah foto yang menampilkan seorang berjaket kuning tengah berada di jalanan yang tergenang banjir rob. Unggahan ini tertanggal 9 Mei 2022. Dalam unggahan foto itu, Om Drunz mencantumkan catatan, “Malam Syawalan, Sampai Pagi!.” Postingan itu ditanggapi salah seorang netizen dengan akun Indah Kurnia. Ia berkomentar, “Dalane dipel pok kui kok iso kinclong (Jalannya apa baru dipel, kok bisa berkilauan).”


Tangkapan layar facebook

Hingga tanggal 11 Mei, Om Drunz masih pula memosting foto tentang banjir rob. Dalam postingan tersebut, tampak seorang lelaki berkaos merah dengan celana pendek tengah membawa baskom merah muda berada di tengah jalan yang digenangi banjir rob. Namun, dalam postingan ini tak tampak komentar berseliweran.


Tangkapan layar kanal youtube Bimantara Video

Tak berselang lama, tepatnya tanggal 13 Mei 2022, hal yang kurang lebih sama dilakukan pula oleh kanal YouTube Bimantara Video yang menampilkan kondisi terkini tanggul penahan rob di kawasan Pekalongan Utara. Dalam narasi yang disampaikan video berdurasi 8 menitan itu, diinformasikan pula bahwa tanggul penahan rob saat ini dalam kondisi yang kritis. Hal ini juga berakibat pada kondisi kolam resistensi yang sudah dipenuhi air. Video ini baru ditonton oleh 110 viewer.

Dari unggahan-unggahan tersebut, tampak bahwa masalah rob masih perlu mendapatkan perhatian lebih. Masyarakat juga berharap agar penanganan masalah rob dapat dilakukan sesegera mungkin.

Editor : Ribut Achwandi

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut