get app
inews
Aa Read Next : Kota Pekalongan Diguyur Hujan, Puluhan Rumah Terendam Air

Ombak Terjang Tanggul, Rob Landa Pekalongan

Rabu, 14 Juni 2023 | 10:35 WIB
header img
Ombak besar yang terjadi di Pesisir Utara Pekalongan beberapa hari terakhir menerjang tanggul sehingga air laut masuk ke pemukiman dan menyebabkan banjir rob di Desa Jeruksari, Tirto, Kabupaten Pekalongan. Foto:LPBINU Kab.Pekalongan

PEKALONGAN, iNewsPantura.id Ombak besar yang terjadi di Pesisir Utara Pekalongan beberapa hari terakhir menerjang tanggul sehingga air laut masuk ke pemukiman dan menyebabkan banjir rob di Desa Jeruksari, Tirto, Kabupaten Pekalongan.

Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana Alam dan Iklim (LPBI) PCNU Kabupaten Pekalongan M Eko Prasetyo mengatakan, pada Hari Selasa 12 Juni Pukul 17.30 terjadi ombak besar yang menerjang tanggul raksasa di Tirto. Akibatnya air deras mengalir ke pemukiman , ketingian air hingga 58 cm.

Untuk itu warga diminta waspada dan siaga. Eko dalam laporannya mengatakan, pihaknya telah menerjunkan relawan untuk memantau kondisi di Jeruksari. Selain itu pihaknya juga sudah mendirikan sekretariat tanggap bencana di Jl Raya Tanjung Tirto. “Untuk markas koordinasi kami siaga di Gedung MWCNU Tirto,” ujarnya.

Jeruksari merupakan desa di perbatasan di Kota dan Kabupaten Pekalongan selama ini dikenal sebagai desa langganan banjir. Saat musim air pasang, Jeruksari menjadi langganan rob. Setiap sore menjelang maghrib rob datang dan merendam pemukiman. Sementara saat musm hujan datang, Jeruksari juga menjadi jadi langganan banjir .

Budi (35), warga Jeruksari minta agar Pemerintah Kabupaten Pekalongan benar-benar serius menangani masalah yang selama ini menimpa warga Jerusari. “Kami minta Pemkab serius memikirkan nasib warga Jeruksari agar tidak terus jadi langganan banjir,” ujarnya.

 

 

 

 

Editor : Muhammad Burhan

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut