get app
inews
Aa Read Next : 81 Jamaah Umroh Noor Alia Pekalongan Siap Berangkat Ke Tanah Suci

Keutamaan Ibadah Haji Bagi Anda yang Serius Menunaikannya

Rabu, 01 Juni 2022 | 21:45 WIB
header img
Keutamaan Ibadah Haji Bagi Anda yang Serius Menunaikannya (Foto: Okezone)

JAKARTA Ibadah Haji di Tanah Suci Mekkah ini memiliki banyak keutamaan sebagaimana yang disebutkan dalam Al Qur’an dan As Sunnah.

Ibadah Haji juga merupakan ibadah yang sangat mulia dan dilaksanakan oleh umat muslim setiap awal bulan Dzulhijjah.

Haji juga merupakan kewajiban yang dijalankan oleh umat muslim, terlebih bagi yang mampu, baik dari segi fisik, mental, maupun finansial.

Ada bermacam keutamaan Ibadah Haji yang dapat dirasakan oleh jemaah saat melaksanakan rukun Islam ke-5 tersebut, seperti:

1. Menjadi Tamu Allah SWT

Siapapun yang menjalankan ibadah haji maka akan dianggap menjadi tamu Allah, sebagaimana yang dijelaskan dalam hadis. Ibnu ‘Umar, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:

“Orang yang berperang di jalan Allah, orang yang berhaji serta berumroh adalah tamu-tamu Allah. Allah memanggil mereka, mereka pun memenuhi panggilan. Oleh karena itu, jika mereka meminta kepada Allah pasti akan Allah beri” (HR. Ibnu Majah no 2893. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan).

2. Amalan Paling Afdhol

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya, “Amalan apa yang paling afdhol?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Beriman kepada Allah dan Rasul-Nya.” Ada yang bertanya lagi, “Kemudian apa lagi?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Jihad di jalan Allah.” Ada yang bertanya kembali, “Kemudian apa lagi?” “Haji mabrur”, jawab Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.” (HR. Bukhari no. 1519).

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut