get app
inews
Aa Read Next : 9 Jalan Masuk Kota Mekah Yang Tidak Bisa Dimasuki Dajjal

Keutamaan Ibadah Haji Bagi Anda yang Serius Menunaikannya

Rabu, 01 Juni 2022 | 21:45 WIB
header img
Keutamaan Ibadah Haji Bagi Anda yang Serius Menunaikannya (Foto: Okezone)

3. Akan Menghilangkan Kefakiran dan Dosa

Barangsiapa yang menunaikan Ibadah Haji dengan benar maka akan dihilangkan kemiskinan. Hal tersebut merupakan salah satu keutamaan Ibadah Haji yang juga dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan dari Abdullah Bin Mas’ud, lalu Rasulullah SAW bersabda:

"Ikutkanlah umrah kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga." (HR. An Nasai no. 2631, Tirmidzi no. 810, Ahmad 1/387).

4. Mendapat Balasan Surga

Jika ibadah haji tidak bercampur dengan dosa (syirik dan maksiat), maka balasannya adalah surga. Sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang berarti:

“Dan haji mabrur tidak ada balasan yang pantas baginya selain surga.” (HR. Bukhari no. 1773 dan Muslim no. 1349). An Nawawi rahimahullah menjelaskan, “Yang dimaksud, ‘tidak ada balasan yang pantas baginya selain surga’, bahwasanya haji mabrur tidak cukup jika pelakunya dihapuskan sebagian kesalahannya. Bahkan ia memang pantas untuk masuk surga.” (Syarh Shahih Muslim, 9/119).

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut