Kayu Eboni dari Makassar Termahal No 7 Di Dunia, Inilah 10 Kayu Termahal di Dunia

Fatimatus Zahro
Kayu Eboni dari Makassar adalah salah satu kayu termahal di dunia. Foto;ISTIMEWA

3. Eboni Afrika Harga: Rp155,3 juta per kg
Kayu eboni Afrika yang sangat padat ini mungkin yang paling terkenal dan telah digunakan sejak zaman Mesir Kuno dan Yunani Kuno. Terletak di Afrika Barat, kayu ini paling diasosiasikan dengan barang-barang mewah.

Kayu eboni digunakan untuk segala hal mulai dari tuts piano dan patung hingga set catur berornamen dengan hasil akhir yang mengkilap. Sifatnya yang tahan lama dan mudah dipoles juga membuatnya populer untuk furnitur mahal.

Pada abad ke-16, kayu ini digunakan untuk lemari yang dihiasi dengan panel bergambar hiasan. Status eboni sebagai salah satu kayu paling langka di dunia diperparah dengan penebangan, yang menyebabkan perlindungannya sebagai spesies yang terancam punah. Kepadatan kayunya yang tinggi membuat kayu ini sulit untuk dikerjakan, memiliki efek tumpul pada pemotong, sedangkan kandungan minyak yang tinggi dapat membuat perekatan menjadi rumit. Kesulitan untuk dikerjakan dan kelangkaan ini membuat kayu hitam ini benar-benar istimewa.

4.Gaharu , Harga: Rp155,3 juta per kilogram (kg)
Kayu Gaharu adalah salah satu spesies langka yang sangat langka, kayu aromatik yang tumbuh di seluruh Asia Tenggara. Ini berasal dari pohon aquilaria, yang perlu terinfeksi jamur sebelum pertahanan pohon menghasilkan resin aromatik gelap yang akhirnya tertanam di inti pohon.

Minyak esensial kayu ini - yang dikenal sebagai minyak oud - adalah salah satu bahan baku paling mahal yang digunakan dalam parfum dan lilin beraroma. Kayu ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan, yakni untuk penuaan kulit, penurunan berat badan dan peningkatan energi, serta menghilangkan gejala dari berbagai penyakit.

5. Pink Ivory Harga: Rp1,24 juta per papan
Kayu Ini adalah kayu mahal dari Afrika. Kayu ini memiliki berbagai warna, termasuk merah muda cokelat pucat hingga merah tua, dengan tekstur halus dan pola serat fiddleback, menjadikannya kayu yang indah untuk berbagai kegunaan.

Editor : Muhammad Burhan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network