Di Filipina Bawang Merah Jadi Barang Mewah, Harganya Tembus Rp192 Ribu PerKg

Muhammad Burhan
Bawang merah di Filipina jadi barang mewah, harganya naik jadi Rp 192 Ribu. Foto:Ist

MANILA, iNewsPantura.id –  Pernah dengar kan, berita petani di Brebes, Jawa Tengah membuang bawang merah karena harganya anjlok saat panen. Padahal di negara tetangga yaitu Filipina bawang merah adalah barang mewah belakangan ini.

Harga bawang merah di Filipina belakangan jadi jadi sorotan . Pasalnya, harga bawang saat ini menembus 700 peso atau setara Rp192.346 per kilogram (kg). Mengutip BBC, harga bawang merah melebihi harga daging dan upah minimum harian di negara itu.

 Pemilik restoran pizza di pusat kota Cebu, Rizalda Maunes mengatakan, meski harganya telah menurun dalam beberapa pekan terakhir, namun bawang merah masih menjadi komoditas mewah bagi konsumen saat ini. "Kami biasa membeli tiga hingga empat kilogram bawang setiap hari. Sekarang kami membeli setengah kilo, hanya itu yang mampu kami beli," ujar Maunes dikutip, Sabtu (28/1/2023).

"Pelanggan kami mengerti karena bukan hanya restoran, rumah tangga mengalami kesulitan karena banyak hidangan yang dimaniskan dengan bawang," sambungnya. Presiden Filipina, Ferdinand Marcos Jr menyebut kenaikan harga pangan sebagai situasi darurat. Awal bulan ini dia menyetujui impor bawang merah dan kuning dalam upaya untuk meningkatkan pasokan.

 

 

Editor : Muhammad Burhan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network