Personal Image Branding Ala Rasulullah

Ribut Achwandi
Ilustrasi (sumber foto: okezone.com)

Sejarah perniagaan telah menjadi bagian penting dari sejarah peradaban manusia. Sebagaimana yang terdokumentasi dalam Jalur Sutera dan Jalur Rempah, dinamisasi peradaban manusia sangat dipengaruhi oleh pertukaran dan persilangan budaya lewat perniagaan. Begitu pula yang terjadi pada sistem perniagaan modern. Peradaban manusia berubah demikian cepat. Bahkan, tidak jarang mesti menempuh jalan yang jauh dari kata damai. Semua itu juga dipengaruhi oleh perniagaan. 

Tetapi, sejak kapan perniagaan dunia dimulai? Para ahli sejarah dan ekonomi bisa saja berdebat panjang. Ada yang menyebut perniagaan jarak jauh sudah ada sejak 150.000 tahun silam. Ada juga yang menyatakan, mulai 30.000 tahun lalu. Perbedaan pandangan ini menunjukkan betapa sejarah perniagaan memiliki kerumitan-kerumitan. Apalagi dengan jejaring yang demikian luas.

Untuk itu, riset mengenai sejarah perniagaan masih membuka peluang luas untuk dilakukan. Masih memungkinkan pula bagi penggalian catatan-catatan masa lalu yang bisa diambil dari berbagai sumber. 



Editor : Ribut Achwandi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network