Tiga Peninggalan Peradaban Islam di Spanyol, Nomor 3 Situs Warisan Dunia

Nanang Sulaeman
Tiga Peninggalan Peradaban Islam di Spanyol, Nomor 3 Situs Warisan Dunia (Foto: Sindonews)

KERJAAN Andalusia merupakan sebuah kerajaan muslim yang pernah menduduki sebagian besar Semenjung Iberia, selama lebih dari tujuh abad dari 8 M sampai 15 M, peradaban Islam pernah berakar kuat di Spanyol, wilayah kekuasaan Islam itu lebih dikenal dengan Andalusia.

Berbagai kemajuan berhasil dicapai, baik dalam bidang ilmu pengetahuan maupun arsitektur bangunan, di bidang arsitektur bangunan, tak bisa dibantah lagi bahwa peradaban Islam di Spanyol telah menyumbangkan karya yang luar biasa ada tiga peninggalan kerajaan Andalusia yang menjadi warisan dunia

Dikutip dari Britannica, peradaban Islam periode ini diperintah oleh bangsa Moor sebelum diambil alih oleh Kerajaan Kristen Spanyol. Namun, sebelum keruntuhannya, kerajaan Andalusia ini meninggalkan beberapa peninggalan yang pada perkembangannya diklaim dan diubah fungsinya oleh penguasa selanjutnya. Berikut Tiga Peninggalan peradaban Islam di Spanyol  :

1.  Masjid Cordoba

Masjid Cordoba didirikan oleh Pangeran Abdul Rahman yang sebelumnya diasingkan dari Dinasti Umayah di Damaskus. Dalam hal ini, dia ingin membuat sebuah masjid yang bisa menyaingi masjid-masjid besar di Baghdad dan Damaskus. Maka, dibuatlah masjid Cordoba. Dikutip dari Culture Trip, pada tahun 711 bangsa Moor mengambil alih Andalusia dari orang-orang kristen.

Pemimpin bangsa Moor mengubah sebuah tempat ibadah menjadi dua bagian. Masing-masing untuk Islam dan Kristen. Namun, pada tahun 784, Abdul Rahman memerintahkan untuk menghancurkan bangunan tersebut dan menggantinya dengan sebuah masjid yang besar.

Editor : Hadi Widodo

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network