get app
inews
Aa Read Next : Rahasia Dahsyat Dibalik Kulit Pisang

4 Makanan ini Ampuh Atasi Risiko Tekanan Darah Tinggi, jadi Aman dan Lahap Makan Daging Kurban 

Senin, 04 Juli 2022 | 06:21 WIB
header img
4 Makanan ini Ampuh Atasi Risiko Tekanan Darah Tinggi, jadi Aman dan Lahap Makan Daging Kurban (Foto: Freepic)

2. Tomat

Tomat mengandung likopen dan karotenoid dengan efek antioksidan yang membantu melawan radikal bebas, menurunkan risiko penyakit jantung, dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Dalam sebuah studi likopene menurunkan secara signifikan efek tekanan sistolik atau tekanan pada dinding arteri selama fase detak jantung ketika kontraksi otot jantung dan memompa darah dari bilik ke dalam arteri.

Studi American Heart Journal, menemukan bahwa konsumsi rutin 250mg ekstrak tomat selain membantu menurunkan tekanan darah sistolik juga dapat menurunkan tekanan darah diastolik atau tekanan pada dinding arteri ketika otot jantung mengendur dan memungkinkan ruang untuk diisi dengan darah.

Tomat juga kaya kalium yang membantu menurunkan tekanan darah dari tubuh Anda. Minum satu cangkir tomat segar setiap hari atau menambahkannya dalam salad dan sandwich, mengurangi risiko hipertensi.

3. Seledri

Seledri mengandung phytochemical yang disebut 3-N-butylphthalide yang menenangkan jaringan dinding arteri untuk meningkatkan aliran darah dan mengurangi tekanan darah. Selain itu, magnesium dan kalium konten seledri juga dapat membantu mengatur tekanan darah Anda.

Menurut sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food, ekstrak biji seledri memiliki sifat antihipertensi yang dapat membantu dalam pengobatan tekanan darah tingging kronis. Anda bisa makan empat batang seledri setiap hari dengan cara menambahkannya ke salad atau sup.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut