get app
inews
Aa Read Next : Mbappe vs Messi, Persaingan Top Scorer Makin Panas

Gelombang Panas di Eropa, 1.000 Kematian Dilaporkan di Spanyol dan Portugal

Senin, 18 Juli 2022 | 12:00 WIB
header img
Negara-negara Eropa Selatan  berjuang untuk mengendalikan kebakaran hutan besar yang telah berdampak terhadap ratusan kematian (Foto: Okezone)

Badan perkiraan cuaca nasional Inggris telah mengeluarkan peringatan "panas ekstrem" merah pertamanya untuk beberapa bagian Inggris. Penumpang kereta api disarankan untuk hanya bepergian jika benar-benar diperlukan dan mengantisipasi penundaan dan pembatalan yang meluas.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan Portugal mengatakan pada Sabtu (16/7/2022) malam bahwa dalam tujuh hari terakhir 659 orang meninggal karena gelombang panas, kebanyakan dari mereka berusia lanjut. Adapun puncak mingguan 440 kematian terjadi pada Kamis (14/7/2022), ketika suhu melebihi 40 derajat Celcius (104 derajat Fahrenheit) di beberapa wilayah dan 47 derajat Celcius (117 derajat Fahrenheit) di sebuah stasiun meteorologi di distrik Vizeu di pusat negara itu. .

Pada Sabtu (16/7/2022), ada 360 kematian terkait panas di Spanyol, menurut angka dari Institut Kesehatan Carlos III.

Menurut data dari lembaga meteorologi nasional, portugal sedang bergulat dengan kekeringan ekstrem -- dengan 96% daratan mengalami kekeringan parah atau ekstrem pada akhir Juni lalu, sebelum gelombang panas baru-baru ini,

Komandan Otoritas Darurat dan Perlindungan Sipil Andre Fernandes mendesak orang-orang untuk berhati-hati agar tidak memicu kebakaran baru dalam kondisi kering tulang seperti itu.

Di Yunani, pemadam kebakaran mengatakan pada Sabtu (16/7/2022), 71 kobaran api telah berkobar dalam waktu 24 jam. Petugas pemadam kebakaran setempat di pulau Kreta mengatakan pada Minggu (17/7/2022) bahwa api yang berkobar di hutan dan lahan pertanian telah berhasil dipadamkan.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut