get app
inews
Aa Read Next : Setelah 32 Tahun, Indonesia Rebut Emas Sepak Bola SEA Games

Fakta Para Pelatih Lokal Sukses Membawa Timnas Indonesia Juara

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 15:15 WIB
header img
Fakta Para Pelatih Lokal Sukses Membawa Timnas Indonesia Juara (Foto: Okezone)

BIMA Sakti berhasil membawa Timnas Indonesia U-16 juara Piala AFF U-16 2022,  ternyata menambah deretan pelatih lokal, yang sukses membawa Timnas Indonesia juara.

Dalam 10 tahun terakhir, hanya pelatih lokal yang sukses memberikan gelar juara untuk Timnas Indonesia, di berbagai kelompok usia. Mulai dari U-16, U-19, U-23, hingga senior.

Teranyar, pasukan Garuda Asia (julukan Timnas Indonesia U-16) menyabet gelar juara Piala AFF U-16 2022 usai mengalahkan Timnas Vietnam U-16 dengan skor tipis 1-0 pada Jumat 12 Agustus 2022 malam WIB. Gol semata wayang Muhammad Kafiatur Rizky di pengujung babak pertama jadi penentunya.

Prestasi tersebut jelas melambungkan nama pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti. Terlebih lagi, ini adalah trofi pertama dalam karier kepelatihannya.

Namun ternyata, dalam satu dekade terakhir memang hanya pelatih dalam negeri yang mampu mempersembahkan gelar bagi Indonesia di berbagai kelompok umur. Sebelum Bima Sakti, ada dua pelatih lainnya.

Pertama, Indra Sjafri. Tak tanggung-tanggung, pria yang kini menjabat sebagai Direktur Teknik PSSI itu, dua kali membawa Tim Merah-Putih menjadi yang terbaik.

Gelar juara pertamanya adalah Piala AFF U-19 2013. Kala itu, Indra membantu Evan Dimas dan kolega juara menaklukkan Vietnam lewat adu penalti dengan skor 7-6, usai bermain imbang tanpa gol selama 90 menit di Stadion Delta, Sidoarjo.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut