get app
inews
Aa Read Next : Setelah 32 Tahun, Indonesia Rebut Emas Sepak Bola SEA Games

Profil Pele : Cetak 1.289 Gol, Satu Gol ke Gawang Timnas Indonesia

Jum'at, 30 Desember 2022 | 09:50 WIB
header img
Raja sepakbola Pele Kamis (29/12/2022) waktu setempat . Pele mencetak 1289 gol di sepanjang karirnya, satu gol di antaranya ke gawang Timnas Indonesia. Foto:reuters

SAO PAOLO, iNewsPantura.id Raja sepakbola Pele Kamis (29/12/2022) waktu setempat mengembuskan nafas terakhir setelah berjuang melawan kanker usus besar. Legenda sepakbola sepanjang masa itu tak lagi sanggup menerima pengobatan kemoterapi. Duka menyelimuti dunia sepak bola di seluruh dunia.

Dunia mencatat pele adalah legenda sepakbola sepanjang masa. Dialah yang memperkenalkan sepakbola indah ala Samba dan satu-satunya pesepakbola yang merebut juara dunia tiga kali. Guinness World Records menyatakan bahwa Pele mencetak 1.289 gol dari 1.363 laga resmi maupun tak resmi.

Salah satu gol Pele dilesakkan ke gawang Timnas Indonesia pada laga persahabatan 21 Juni 1972. Waktu itu bersama klubnya, Santos menggelar laga persahabatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno dihadiri 75 ribu penonton. Pele sukses mencetak satu gol dan mengantarkan Santos menang dengan skor tipis 3-2 atas Timnas Indonesia. Dua gol Santos lainnya dicetak oleh Jadel dan Edu. Adapaun dua gol Timnas Indonesia ke gawang Santos tercipta melalui aksi Risdianto.

Pele memiliki nama lengkap Edson Arantes do Nascimento, lahir di Tres Coracoes, Btasil pada 23 Oktober 1940. Pele memulai debut internasionalnya pada tahun 1957 di usia 16 tahun. Padahal, sebelumnya Pele sempat menerima penolakan dari beberapa klub lokal Brasil untuk memulai kariernya profesionalnya.

Editor : Muhammad Burhan

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut