get app
inews
Aa Read Next : Setelah 32 Tahun, Indonesia Rebut Emas Sepak Bola SEA Games

Profil Bima Sakti, Pelatih Timnas U-16 yang Sukses Menjuarai Piala AFF

Senin, 15 Agustus 2022 | 04:22 WIB
header img
Foto:iNews

JAKARTA, iNews.id - Wajah Pelatih Timnas Indonesia U-16 yang menangis tersedu sedu usai menjuarai Piala AFF-U16 menghiasi layar kaca. Profil Bima sakti pun bakal menjadi cerita yang dicari  oleh netizen hari-hari ke depan.

Bima Sakri merupakan pelatih lokal ketiga yang berhasil menjuarai Piala AFF kelompok umur setelah Fachri Husaini dan Indra Sjafri. Berkat sentuhan tangan dingin Bima Sakti, Timnas Indonesia U-16 mampu mengalahkan semua lawannya di ajang Piala AFF U-16 dan menjadi kampiun .

Bima Sakti Bernama lengkap Bima Sakti Tukiman, namun lebih dikenal dengan nama Bima Sakti. Dia lahir di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada 23 Januari 1976. Bima Sakti memulai karier sepak bola juniornya dengan bergabung di klub Ossiana Sakti dan PKT Junior.

Di tahun 1994, Bima Sakti bersama Kurniawan Dwi Yulianto dan Kurnia Sandi terpilih sebagai pemain asal Indonesia yang berlatih dengan Sampdoria Primavera. Kala itu Sampdoria Primavera dilatih oleh pelatih legendaris asal Swedia, Sven Goran Erikson.

Di kurun waktu 1994 hingga, Bima Sakti malang melintang di klub-klub Liga Indonesia seperti Pupuk Kaltim, Pelita Jaya, Pelita Solo, PSM Makassar, PSPS Pekanbaru, Persiba Balikpapan, Perseba Bangkalan, Mitra Kukar dan Gresik United.  Hingga akhirnya memutuskan untuk pensiun dari sepak bola di tahun 2017.

Bima Sakti berkarier di timnas kurun waktu 1995-2001. Selama itu, dia mampu mencatatkan 58 penampilan bersama skuad Garuda. Bima Sakti memulai karir di dunia kepelatihan di tahun 2017. Saat itu ia dipercaya sebagai Asisten pelatih dari Luis Milla di timnas Indonesia U-23. Kala itu, timnas Indonesia hanya mampu juara 3 di SEA Games 2017. Selain itu, mereka juga harus tersingkir di babak 16 besar Asian Games 2018. Di tahun 2020, Bima Sakti sukses membawa timnas Indonesia U-16 ke putaran final Piala AFC U-16 2020.

Prestasi Bima Sakti Selama berkarier sebagai pesepakbola profesional, Bima Sakti berhasil mengantarkan PSM Makassar menjuarai Liga Indonesia musim 1999-2000. Pada masa jayanya sebagai pemain, dia adalah kapten timnas Indonesia. Bima Sakti dikenal sebagai gelandang tangguh dan ditakuti karena memiliki kemampuan tendangan bebas yang akurat. Kini, Bima Sakti melengkapi kesuksesan di sepak bola setelah menukangi Timnas Indonesia U-16 dengan merebut juara di Piala AFF 2022.

 

Editor : Muhammad Burhan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut