get app
inews
Aa Read Next : Gaes! Jangan Konsumsi Makanan Ini saat Musim Hujan Melanda

5 Minuman Rempah yang Direkomendasikan di Musim Hujan

Selasa, 25 Januari 2022 | 07:00 WIB
header img
Wedang Uwuh (Foto:OkeZone)

Jakarta,INews  - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis prakiraan hujan di wilayah Indonesia yang memperkirakan, potensi hujan lebat masih bakal mengguyur di berbagai wilayah di Indonesia khususnya Jawa Tengah sampai beberapa hari ke depan.

Oleh karena itu, masyarakat harus tetap menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh di musim hujan. Berikut adalah lima minuman khas Indonesia dengan bahan rempah alami nusantara yang paling direkomendasikan untuk menjaga ketahanan tubuh di musim hujan:

1. Kopi Tahlil
Kopi tahlil adalah salah satu hidangan kopi khas Pekalongan yang dibuat dengan seduhan rempah seperti jahe, kapulaga, cengkes, kayu manis, pandan, serai, dan juga pala. Begitu Anda meminum kopi ini akan terasa menghangatkan tubuh Anda dan sangat cocok untuk cuaca dingin seperti saat ini. Anda bisa menemukan beragam seduhan minuman kopi tahlil di beberapa penjual kopi yang ada di warung lesehan pinggir jalan.

2. STMJ
Jika merujuk pada rempah yang menghangatkan, orang langsung teringat pada jahe. Rempah satu ini memang sering dijadikan campuran minuman termasuk susu, telur, madu, dan jahe alias STMJ.
Umumnya, STMJ dinikmati saat malam hari, tetapi bisa juga untuk pagi hari. Minuman hangat Indonesia juga cocok dikonsumsi saat musim hujan seperti sekarang.

3. Wedang Uwuh
Wedang uwuh ini dibuat dari kombinasi rempah pilihan lokal berkhasiat seperti jahe, kayu secang, cengkeh, kayu manis, serai, kapulaga dan gula batu atau gula pasir. Wedang uwuh adalah minuman dengan bahan-bahan yang berupa dedaunan mirip dengan rempah. Dalam bahasa Jawa, wedang berarti minuman yang diseduh, sedangkan uwuh berarti sampah.
Wedang uwuh disajikan panas atau hangat memiliki rasa manis dan pedas dengan warna merah cerah dan aroma harum. Jahe dan kapulaga pada wedang uwuh, dapat memberikan sensasi hangat di tubuh sehingga minuman ini cocok diminum pada saat hujan atau saat santai di sore hari.

4. Wedang ronde
Selain lewat STMJ dan wedang uwuh, cara lain menikmati sekaligus memperoleh manfaat dari jahe adalah dengan mengonsumsi wedang ronde. Manisnya bola-bola ketan isi gula jawa, empuk kolang-kaling dan gurihnya kacang sangrai membuat minuman ini pas kala hujan.
Jahe merupakan salah bahan minuman tradisional yang mampu menghangatkan badan, meningkatkan daya tahan tubuh hingga mengatasi beberapa gangguan pencernaan pada tubuh. Manfaat tersebut didapatkan berkat berbagai nutrisi di dalamnya.

5. Bandrek
Jika orang Jawa punya wedang ronde, orang Sunda punya bandrek. Minuman berwarna cokelat ini pas dinikmati kala hujan apalagi ditemani pisang goreng atau ubi rebus. Minuman bandrek inipun juga  menggunakan jahe sebagai bahan utama dengan tambahan bahan lain seperti serai, merica, pandan dan telur ayam. Disruput selagi panas dapat menghangatkan dan meningkatkan imun tubuh anda pada saat musim hujan seperti sekarang.

Editor : Muhammad Burhan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut