Ramaikan hari Santri,Ribuan Santri Manbaul Hikmah Pawai Kesantrian

Eddhie Prayitno
ribuan santri ponpes manbaul hikmah menggunakan odong-odong pawai keliling kaliwungu

KENDAL,iNews.pantura.id – Ribuan santri dari Pondok Pesantren Manbaul Hikmah Desa Mororejo Kecamatan Kaliwungu Kendal menggelar pawai menyambut hari santri nasional 2024.

Ribuan santri dan santriwati ini mengikuti pawai keliling Kaliwungu menggunakan odong-odong. Setidaknya 38 odong-odong  disiapkan untuk mengangkut santri berkeliling kota santri kaliwungu.

Tidak hanya itu mobil pribadi dan grup marching band dari Manbaul Hikmah juga ditampilkan di alun-alun Kaliwungu Senin 21 oktober 2024 sore.

Pengasuh Ponpes Manbaul Hikmah Mororejo Kaliwungu, Basyarohman mengatakan pawai kesantrian ini untuk meramaikan Hari Santri Nasional. Peserta pawai ada seribunan santri dan banom NU ranting Mororejo dan siswa TPQ.

“Kegiatan pawai ini untuk meramaikan Hari Santri nasional dan akan dilanjutkan dengan Manhik Bergema, Manhik berdoa bersama untuk Indonesia,” katanya.

Kegiatan lainnya pada puncak peringatan Hari Santri Nasional akan dilaksanakan apel kebangsaan dan santri di lapangan pondok pesantren.

“Ini menjadi semangat santri dalam belajar agama dan pengetahuan berjihad melawan kebodohan serta mengabdi kepada agama dan nusantara,” imbuh Gus Basyar.

Lebih lanjut dikatakan kirab sendiri untuk mengabarkan bahwasanya pesantren adalah aman. Gus Basyar menaruh harapan, kedepan pawai kesantrian ini bisa diikuti oleh pondok pesantren lainnya di Kendal.  “Santri juga ikut andil dalam perjuangan dan kemerdekaan bangsa ini,” ujarnya.

Iring-iringan odong-odong ini mengular dan berkeliling kota Kaliwungu serta menarik perhatian warga yang dilalui.

Editor : Eddie Prayitno

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network