Simak 4 Tips Alami Cegah Asam Urat

Nanang Sulaeman
Simak 4 Tips Alami Cegah Asam Urat (Foto: Freepic)

Waspada gejala asam urat, lakukan olahraga rutin dan konsumsi makanan sehat dan bergizi serta simak tips berikut ini.

Penyakit asam urat adalah jenis radang sendi yang terjadi karena kadar uric acid (asam urat) yang tinggi di tubuh. Pada masyarakat awam, kondisi ini disebut juga encok. 

Oleh karena itu, kadar asam urat perlu dijaga di kisaran normal sebagai bentuk pencegahan penyakit asam urat. Lantas, bagaimana cara mencegah asam urat yang bisa dilakukan?

 Seseorang yang memiliki riwayat atau potensi mengalami asam urat wajib melakukan sejumlah pantangan agar penyakit tersebut tidak muncul. Merangkum dari Healthline, berikut 4 tips alami mencegah asam urat.

1. Batasi makanan kaya akan purin

Kebanyakan konsumsi seafood yang mengandung banyak purin bisa menyebabkan asam urat terutama untuk usia diatas 30 tahun .

Makanan kaya purin terdiri dari beberapa jenis daging, seafood, dan sayuran. Semua makanan ini mengeluarkan asam urat saat dicerna. Hindari atau kurangi asupan makanan seperti organ dalam (jeroan), kalkun, ikan, udang, dan kerang-kerangan, daging kambing, daging sapi muda, kembang kol, kacang hijau, kacang kering, dan jamur.

2. Hindari konsumsi gula

Asam urat biasanya dikaitkan dengan makanan kaya protein, tapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa gula juga bisa menjadi penyebab potensial. 

Gula fruktosa adalah jenis utama gula sederhana dalam makanan olahan. Para peneliti telah menemukan bahwa jenis gula ini secara khusus dapat menyebabkan tingginya kadar asam urat.

3. Minum lebih banyak air

Minum banyak cairan membantu ginjal membuang asam urat lebih cepat. Bawalah botol air setiap saat. Pastikan setiap jam Anda mengambil beberapa teguk air.

4. Hindari minum alkohol

Alkohol bisa membuat seseorang lebih dehidrasi. Ini juga dapat memicu kadar asam urat yang tinggi. Kondisi ini terjadi karena ginjal harus terlebih dahulu menyaring zat yang ada dalam darah karena alkohol, bukan asam urat dan limbah lainnya.

Editor : Hadi Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network