get app
inews
Aa Read Next : Kota Pekalongan akan Tambah Dua Hotel Berbintang

7 Tempat Wisata di Brebes Paling Menakjubkan, Nomor 4 Penuh Misteri

Rabu, 20 Oktober 2021 | 21:13 WIB
header img
Ranto Canyon di Desa Winduasri, Kecamatan Salem Brebes. (Foto: Instagram)

3. Agro Wisata Kaligua

Objek Wisata yang satu ini sudah dikenal banyak wisatawan dari luar daerah. Agro wisata Kaligua terletak di Jalan Kaligua, Sawah,Ladang, Kretek, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes.


Objek wisata Kaligua dengan udara sejuk dan panorama Gunung Slamet. (Foto: Instagram)

Tempat ini tidak hanya menyajikan luasnya kebun teh dan pemandangan gunung dan bukit indah, di sini Anda juga dapat belajar sejarah mengenai gua peninggalan Jepang yang dinamakan Goa Jepang.

4. Telaga Ranjeng

Dalam perjalanan menuju ke wisata Kaligua, Anda dapat menemukan telaga yang berisikan ribuan ikan yang siap menyambut Anda. Telaga ini disebut Ranjeng. Anehnya, ribuan ikan di Telaga Renjeng atau Ranjeng ini bisa berubah-ubah jenisnya tiap saat, padahal tidak ada yang menabur benih.

Cagar alam Telaga Ranjeng di Desa Pandansari Kecamatan Paguyangan ini berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Kesan mistis mulai terasa saat memasuki Telaga Ranjeng yang memiliki luas 18 hektare lebih yang dikelilingi hutan lindung seluas lima 50  hektare.


Telaga Ranjeng di Paguyangan, Brebes. (Foto: Dok.iNews.id)

Konon ikan lele raksasa di telaga tersebut merupakan kutukan seorang santri yang durhaka kepada gurunya, hingga dikutuk menjadi ikan lele raksasa. Mitos di masyarakat berkembang ikan lele raksasa sebagai salah satu penunggu di Telaga Ranjeng sehingga warga dan para pengunjung tidak ada yang berani mengusik keberadaan ikan-ikan di Telaga Ranjeng. Hal itu karena diyakini jika ada yang mengambil ikan tersebut maka orang yang mengambilnya akan mengalami petaka.

Editor : Kastolani

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut