get app
inews
Aa Read Next : DLH Tumbuhkan Peduli Lingkungan Anak Dengan Program Sirami

Tips Sehat Minum Kopi

Kamis, 11 Agustus 2022 | 12:09 WIB
header img
Tips Sehat Minum Kopi (Foto: Okezone)

KOPI sudah menjadi minuman rutin yang dikonsumsi oleh banyak orang lantaran dianggap dapat menenanangkan dan menghilangkan rasa kantuk pada pagi maupun malam hari. 

Namun tidak banyak yang tahu bahwa terlalu banyak minum kopi maupun asal-asalan dalam memilih kopi dapat meningkatkan risiko kesehatan tubuh Anda hingga dapat menyebakan hipertensi dan penyakit jantung karena efek kandungan kafein pada kopi.

Nah, berikut ini beberapa tips sehat yang dapat mengubah kencaduan Anda minum kopi:

1. Pilih Kopi Organik

Kopi konvensional umumnya disemprot dengan pestisida yang berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Namun Anda dapat memilih kopi yang ditanam secara organik, ini jauh lebih sehat. Saat ini sudah banyak kopi organik yang diperjualbelikan.

2. Kurangi konsumsi gula ke dalam kopi

Ini mungkin hal yang terpenting untuk minum kopi secara sehat. Banyak orang tidak menyadari bahwa dengan mendambakan gula ke dalam kopi, justru Anda mendapatkan kadar gula yang lebih tinggi dibanding kafein.

Sebagai penggantinya, Anda bisa mendambahkan krim yang dapat mengurangi kadar gula di dalam secangkir kopi. Lemak di dalam krim akan mengurangi rasa pahit kopi. Krim juga memiliki rasa manis alami.

Namun, Anda disarankan tidak menggunakan 'creamer' yang mengandung minyak sayur terhidrogenasi, sirup jagung dan berbagai bagan kimia lainnya.

3. Minumlah Satu Cangkir per Hari

Seseorang yang sudah kecanduan bisa minum lebih dari sepuluh cangkir kopi tiap minggunya. Jika Anda seperti itu mulailah kurangi konsumsi kopi secara perlahan. Ini dapat mengurangi kadar kafein.

Cara lain mengurangi kadar kafein, Anda bisa membuat dengan teknik Swiss (dengan merendam biji kopi dalam air hangat kemudian dipangang dengan alat khusus untuk menghilangkan kandungan minyak, namun tetap mempertahankan rasa dan aroma kopi).

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut