get app
inews
Aa Read Next : DLH Tumbuhkan Peduli Lingkungan Anak Dengan Program Sirami

Puncak Kemarau Diprediksi Agustus dan September 2023 Lebih Kering Dibanding Tahun-Tahun Sebelumnya

Rabu, 09 Agustus 2023 | 14:31 WIB
header img
Rumah warga yang kebakaran di waktu kemarau bekalangan ini.

Selain menerbitkan Surat Edaran, lanjut, jajaran Satpol -P3KP juga terus gencar melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat bahkan menyasar juga kepada anak-anak usia dini untuk antisipasi bahaya kebakaran.

Sosialisasi juga dilakukan kepada para ibu-ibu PKK, sekolah-sekolah, kecamatan, dan unsur masyarakat lainnya. Pihaknya mengakui, dibutuhkan peran penting masyarakat untuk mengurangi resiko kebakaran.

Adapun beberapa cara yang dapat dilakukan masyarakat untuk mencegah kebakaran selama fenomena El Nino dan IOD, yakni tidak melakukan aktivitas sampah; tidak membuang puntung rokok sembarangan; jangan meninggalkan kompor dalam keadaan menyala; dan hindari penggunaan steker listrik yang bertumpuk.

"Harapannya nanti camat dan lurah bisa menyampaikan informasi ini kepada warganya sehingga potensi kejadian kebakaran di Kota Pekalongan bisa semakin ditekan.

Menurut dia, kejadian-kejadian kebakaran yang beberapa waktu lalu terjadi, disebabkan beberapa faktor di antaranya lupa menyiram air ketika selesai membakar sampah, faktor korsleting listrik seperti yang terjadi di Kelurahan Jenggot kemarin, akibat puntung rokok yang dibuang sembarangan, lupa mematikan kompor saat selesai digunakan memasak, dan lain sebagainya," tandasnya.

Editor : Trias Purwadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut