get app
inews
Aa Read Next : TP PKK Blado Juara 1 Lomba Busana Batik

Inilah Pengalaman Spiritual Seniman Batik Muda Asal Pekalongan, Tamakun

Kamis, 05 Mei 2022 | 05:33 WIB
header img
Tamakun (berjaket hitam lengan merah) saat sedang berfoto dengan pengunjung Museum Batik di samping motif batik karyanya (sumber: facebook)

Saat itu, ia pun segera menyampaikan kabar kepada Mr. Yun. Bahwa ia ingin berpamitan sebentar untuk pulang, mengantarkan ayahnya ke tempat peristirahatan terakhir. “Mr. Yun sangat memahami kondisi saya saat itu. Tetapi, ia berpesan, apa pun yang terjadi jangan menyalahkan batik. Jangan berhenti membatik, karena kalau berhenti almarhum pasti juga akan kecewa,” tuturnya.

Tak ada pilihan lain, Tamakun pun melanjutkan proses membatiknya. Meski dalam situasi gundah gulana, ia terus saja membatik. “Tetapi, dari peristiwa itu saya akhirnya menemukan sebuah pelajaran berharga bagi saya. Bahwa membatik adalah bentuk kepasrahan kepada Tuhan, karena di dalam membatik ada untaian zikir yang sangat dalam rasanya. Bahwa untuk sampai pada bentuk yang utuh, manusia pun harus menyadari akan arti kehilangan,” kenangnya.

Itulah mengapa, dalam pandangan Tamakun mengatakan, bahwa untuk menuju pada sebuah bentuk yang utuh, seseorang mesti menemui peristiwa-peristiwa puncaknya terlebih dahulu. Peristiwa yang penuh sensasi. Peristiwa yang mengaduk-aduk perasaan. Sampai pada akhirnya, ia mampu membuka pintu bagi kehidupannya yang lebih baik. “Seni itulah yang menyelamatkan hidup saya. Seni itulah yang membawa saya pada pengalaman spiritual yang sangat dalam,” pungkas Tamakun.

Editor : Ribut Achwandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut