get app
inews
Aa Read Next : Kisah Anggota Babinsa di Pekalongan yang Sukses Budidayakan Bibit Lele

Tokoh-Tokoh Sukses yang Ternyata Tidak Lulus SD, Ada Kolonel Sanders Pemilik KFC

Minggu, 05 Juni 2022 | 09:27 WIB
header img
Basrizal Koto Eaih kesuksesan meski tak lulus SD (Foto: Haji News)

2. Lanny Siswadi

Namanya mungkin tidak banyak dikenal oleh sebagian orang, namun produk usahanya tidak pernah absen menjadi buah tangan dari Kota Surabaya. Produk itu adalah “Sambal Bu Rudy”. Lanny Siswadi merupakan salah satu contoh pengusaha sukses yang tidak tamat SD. Ketika duduk di bangku kelas 4 SD, Lanny terpaksa pindah dari Madiun kota kelahirannya ke Surabaya karena pergolakan politik yang terjadi saat itu.

Cikal bakal kesuksesan usahanya di bidang kuliner bermula pada tahun 1990. Saat itu Lanny mencoba membuat sambal dengan campuran ikan hasil dari memancing yang suaminya lakukan. Ikan tersebut diolah dengan cara dikeringkan dan dicampur dengan sambal bawang racikan Lanny. Awalnya Lanny menawarkan kepada rekan-rekan terdekatnya, lalu mereka menyukainya dan menyarankan Lanny untuk menjual sambal tersebut secara luas.

Akhirnya Lanny mulai menjualnya dengan berkeliling menggunakan mobil pick up. Seiring waktu, ia mulai menyewa tempat dan menjadi titik awal untuk membuka kedai kuliner dan oleh-oleh khas Jawa Timur. Saat ini, Lanny memproduksi ribuan botol sambal setiap bulannya.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut