get app
inews
Aa Read Next : Elon Musk Tantang Zuckerberg Duel di Atas Ring, Berpotensi hasilkan Rp15 Triliun

Yuk Cari Tahu tentang Metaverse, Realitas Virtual di Masa Depan

Sabtu, 07 Mei 2022 | 09:21 WIB
header img
Yuk Cari Tahu tentang Metaverse, Realitas Virtual di Masa Depan (Foto: Freepic)

Belum lagi sejumlah perusahaan game dan dan kripto yang juga akan menjadi peran utama di Metaverse nanti.

Untuk mengenal lebih jauh tentang Metaverse, dosen Teknik Informatika Universitas Pasundan, Sandhika Galih mencoba mengurai beberapa poin yang akan menjadi komponen utama dunia digital tersebut.

Poin pertama adalah koneksi internet yang cepat. Internet yang cepat pasti akan menunjang aktifitas di Metaverse sebagai dunia virtual yang bertumpu pada jaringan. Dunia saat ini telah mempersiapkan jaringan 5G yang bisa digunakan secara universal dalam waktu mendatang.

Poin yang kedua adalah virtual reality (VR). Teknologi yang satu ini merupakan gabungan perangkat lunak dan perangkat keras yang bisa membawa seseorang masuk ke dunia 3 dimensi Metaverse. 

Facebook telah telah memulai langkahnya dengan membuat produk Oculus, sebuah peranti layar untuk menampilkan realitas virtual yang membuat pengguna dapat merasakan sensasi dunia virtual seperti nyata.

Berikutnya adalah augmented reality (AR).  Sebagai contoh nyata, teknologi AR banyak diaplikasikan dan dijumpai pada fitur filter di Instagram, TikTok, SnapChat, maupun aplikasi lainnya. Facebook juga sudah mempunyai ancang-ancang dengan teknologi AR, yaitu Spark AR Studio.

Poin keempat adalah artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Terdengar seperti fiksi ilmiah, tapi mungkin akan segera direalisasikan. Metaverse perlu didukung dengan AI untuk meniru atau menduplikasi fungsi kognitif manusia. 

Dalam hal AI, Facebook bahkan sudah mempunyai laboratorium AI yang bisa diakses melalui laman ai.facebook.com.

Dan poin yang tak boleh ketinggalan adalah mata uang digital. Semua kegiatan yang bersifat transaksional di Metaverse nantinya akan menggunakan mata uang digital. Facebook sendiri sudah memiliki produk cryptocurrency bernama Diem sebagai payment system lengkap dengan dompet digital bernama Novi.

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut